BangDin Pemula blogger yang ingin mendunia lewat konten yang menarik dan bermanfaat yang berfokus pada teknologi digital.

Belajar Saham Dari Nol Sampai Mahir

2 min read

Banyak orang telah menghubungi penulis mengatakan mereka ingin belajar saham. Kebanyakan dari mereka mengeluh dalam kebingungan tentang harus mulai dari mana karena mereka tidak tahu tentang sahamnya. Untuk itu mari belajar saham dari nol sampai mahir.

Itu sebabnya penulis menulis artikel ini untuk membantu kalian yang ingin mempelajari saham dari awal. Bahkan jika Anda benar-benar buta tentang saham, setelah mengikuti jalur pembelajaran yang diuraikan di sini, kalian harus memahami dan dapat segera melakukan transaksi saham.

Dulu, penulis juga belajar tentang saham dari awal. Semuanya otodidak (otodidak). Kalian lebih beruntung karena tidak harus belajar sendiri. Akan penulis jelaskan cara tercepat untuk belajar saham dari nol sampai mahir..

Belajar Saham Untuk Pemula

Untuk pemula yang ingin menginvestasikan uangnya kedalam saham haruslah berhati hati. Hal ini karena kebanyakan orang hanya ikut ikutan tren dan tidak mengetahui dan mau belajar saham dari nol sampai mahir.

Untuk menghindari kerugian dalam bermain saham, mari simak ulasan berikut.

  1. BACA E BOOK UNTUK MENGENAL INVESTASI
    Pertama-tama, kalian perlu mengetahui apa itu saham, mengapa kalian harus membelinya, cara membelinya, software apa yang digunakan, dll. Jika kalian membaca dan mempraktikan ebook mengenal investasi saham, kalian akan mendapatkan gambaran umum saham yang singkat tapi jelas.
  2. BUKA AKUN REKENING SAHAM
    Belajar investasi saham itu layaknya belajar berenang. Pelajari saja teorinya tanpa menyelam ke dalam air, kalian tidak akan pernah menjadi perenang handal. Kalian harus membuka rekening saham di salah satu sekuritas/platform sebelum dapat membeli dan menjual saham.
  3. MELAKUKAN TRANSAKSI SAHAM
    Setelah akun saham kalian telah jadi, setorkan dana sesuai dengan ketentuan, biasanya terdapat minimum top up. Usahakan untuk membeli saham sedikit saja, misalnya 1 lot (100 lembar saham). Setelah itu, kalian bisa menyimpan atau mencoba menjualnya. Di sini kalian akan berlatih menggunakan perangkat lunak dan membiasakan diri dengan berbagai aturan perdagangan saham. Batasi diri kalian untuk tidak melakukan transaksi besar sampai merasa terbiasa dengan perdagangan saham.
  4. MEMILIH MENJADI INVESTOR ATAU TRADER SAHAM
    Ada dua cara untuk memasuki dunia saham yaitu menjadi investor atau trader. Keduanya berbeda. Masing-masing memiliki karakteristik dan pengetahuan berbeda yang harus dikuasai. Investor membeli dan menahan saham untuk waktu yang lama. Trader membeli dan menjual saham dalam waktu singkat dengan memanfaatkan fluktuasi harga saham. Bagi pemula dan yang sibuk, disarankan untuk menjadi investor saham.
  5. PELAJARI ILMUNYA
    Jika kalian ingin menjadi investor saham, disarankan untuk mempelajari Analisis Fundamental tentang saham terlebih dahulu. Kalian akan menganalisis kesehatan ekonomi dan keuangan bisnis dari sebuah perusahaan. Sementara itu, sangat disarankan untuk mempelajari analisa teknikal jika kalian ingin menjadi seorang trader saham. Di sinilah kalian harus belajar menganalisis grafik harga saham untuk menentukan kapan harus masuk dan kapan harus keluar dari pasar.
  6. TERUS BELAJAR
    Hanya mempelajari tentang analisis fundamental atau analisis teknis tidak cukup untuk modal sukses di dunia saham. Masih banyak hal yang harus dipelajari, seperti menjadi investor saham, kalian juga perlu mendalami makro ekonomi, manajemen portofolio, dll. Sebagai pedagang saham, kalian mungkin juga perlu mempelajari manajemen uang, psikologi bisnis, dll. Bacalah buku perdagangan dan investasi sebanyak mungkin. Dunia saham itu dinamis. Orang yang statis jarang berhasil di dunia ini. Dibutuhkan banyak pembelajaran dan keterbukaan.
  7. BERTAHAP
    Biasanya, seseorang tidak langsung berhasil menjadi investor atau pedagang saham. Semuanya membutuhkan waktu, proses dan pembelajaran yang berkelanjutan. Secara bertahap menambah modal sesuai dengan jumlah ilmu yang didapat dan pengalaman yang telah dilewati. Jalan menuju sukses sepertinya panjang, mungkin tidak instan, tapi kalau sabar, disiplin dan tetap belajar, orang biasa juga bisa sukses berinvestasi di saham.
Baca Juga :  Mobile Legends

Alur Belajar Saham

Untuk mengetahui alur pembelajaran saham dalam gambar, kalian dapat melihatnya di bawah ini.

Belajar Saham Dari Nol Sampai Mahir

Untuk memperdalam pengetahuan tentang saham, mari lanjutkan membaca ke bagian II dan bagian III.

Kesimpulan

Jangan terlalu terburu buru dalam belajar saham. Hargai dan nikmati setiap proses yang kalian lalui. Ingat jangan nafsu dan kendalikan emosi kalian. Karena permainan saham ini menuntut psikologi kalian untuk tetap tenang.

Investasi saham bersifat dinamis, jadi jangan pernah bosan dan berhenti untuk belajar.

Dengan belajar kalian membuka jendela dunia, Dengan belajar kalian akan menjadi orang yang tak tekalahkan, dengan belajar ilmu yang kalian terima dapat kalian sebar luaskan.

Untuk mengetahui dan memperdalam pengetahuan di dunia saham, kalian dapat menunggu update tan artikel lainnya di Thegeneralgreene.com pada kategori UMUM.

Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kalian semua. Jika ada kritik dan saran, atau kalian ingin meminta dicarikan informasi digital lainya kalian bisa mengisi dikolom komentar dibawah Untuk memajukan website ini.

Temukan artikel menarik lainya hanya di Thegeneralgreene.

Terima kasih telah berkunjung Greene.

BangDin Pemula blogger yang ingin mendunia lewat konten yang menarik dan bermanfaat yang berfokus pada teknologi digital.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *