Cara Copy, Print dan Membuka File PDF yang Terkunci
Komputer, Tutorial

Cara Copy, Print, dan Membuka PDF yang Terkunci

Jenis dokumen tertulis yang banyak digunakan oleh banyak orang termasuk PDF (portable document format). PDF banyak digunakan karena dapat merepresentasikan dokumen dua dimensi berupa huruf, teks, vektor, gambar, dll. Dengan cara ini, PDF memberikan tampilan yang nyaman untuk dibaca dan terlihat lebih rapi. Berikut cara copy print membuka pdf yang terkunci.

Biasanya kalian akan menemukan file PDF dalam berbagai jenis dokumen, misalnya dalam modul pelatihan atau seminar, jurnal penelitian, dan materi konferensi serta buku-buku yang telah diubah ke dalam format digital (e-book) . Dibandingkan dengan Word, penulis lebih suka menggunakan PDF untuk membaca informasi karena lebih mudah dan nyaman.

Kalian pasti sering menemukan file PDF terkunci yang membutuhkan kata sandi untuk mengaksesnya. Hal ini tentunya menjadi batu sandungan, apalagi bagi kalian yang belum mengetahui cara membuka PDF yang terkunci.

Fungsi lain, seperti menyalin teks dan mencetak file PDF, tidak dimungkinkan dengan file PDF terkunci. Tapi tenang, karena punya solusi untuk menyalin, mencetak, dan membuka file PDF yang terkunci.

Jenis file PDF

Cara Copy, Print, dan Membuka PDF yang Terkunci

Harap dicatat bahwa PDF memiliki tiga jenis yang berbeda. Ketiga jenis ini memiliki perbedaan serta fungsinya masing – masing. Untuk lebih mengerti serta mengetahui pengertian serta perasanan dari ketika jenis PDF ini, mari simak ulasanya di bawah ini :

Searchable PDFs

Kalian dapat menggunakan aplikasi Optical Character Recognition (OCR) untuk membaca teks dalam file berbentuk PDF yang dipindai. Aplikasi ini mencari teks dan gambar dalam file PDF. Teks yang dapat dibaca seperti layer baru, sehingga aplikasi OCR ini dapat mengenalinya.

Baca Juga :  Rumus Lengkap Microsoft Excel Yang Perlu Diketahui

Digitally Created PDFs

File yang dibuat dari awal dapat disebut sebagai PDF yang Dibuat Secara Digital. Secara umum, file PDF jenis ini disebut juga sebagai PDF yang sebenarnya. Pembacaan file PDF yaitu dengan mengenali gambar dan teks secara terpisah.

Scanned PDFs

Jenis PDF ini dibuat saat kalian memindai dengan scanner. Dokumen yang dipindai dapat disimpan sebagai file PDF. Pada file ini, aplikasi pembaca PDF tidak dapat membedakan antara elemen gambar dan elemen teks.

Dengan cara ini kalian tidak dapat memilih teks atau gambar apa pun dalam jenis file PDF ini. Sebenarnya, Kalian bisa, tetapi diharuskan untuk menggunakan aplikasi khusus.

Ketiga file PDF diatas sering ditemui jika kalian mengakses tautan yang menyediakan artikel, buku komik, buku bisnis, jurnal kuliah dan pengetahuan lainya dalam bentuk electronik book atau buku elektronik.

Cara Copy PDF yang Terkunci

Menyalin teks ke file PDF yang terkunci sangat mudah jika kalian mengetahui caranya. Cara ini juga bisa dilakukan secara offline. Cara menyalin file PDF yang terkunci dapat disimak dibawah ini :

  1. Siapkan file PDF yang ingin kalian salin fontnya.
  2. Kemudian klik kanan pada file PDF> buka dengan> pilih Google Chrome.
  3. Nantinya, file PDF akan terbuka di Google Chrome. Kemudian yang harus dilakukan adalah menyalin teks sesuai keinginan. Jenis copy sama seperti saat copy paste tulisan biasa, seperti Powerpoint atau Ms. Excel dan di Ms. Word.

Cara Print PDF yang Terkunci

Tidak perlu menambahkan aplikasi tambahan untuk mendapatkan tips tentang cara mencetak PDF yang terkunci ini. Namun, kalian hanya membutuhkan modal dari internet. Cara ini bisa dilakukan dengan komputer / laptop atau smartphone (Android / iOS). Bagaimana mengatasi PDF tidak bisa diprint? Berikut caranya :

  1. Kunjungi situs web unlock-pdf.com dengan browser di laptop / hp kalian.
  2. Pilih Pilih file dan tambah file PDF yang ingin dicetak.
  3. Tunggu hingga penambahan selesai, lalu klik tombol Buka Kunci File.
  4. Tunggu hingga proses selesai lalu dapatkan file.
  5. Buka, lalu yang harus kalian lakukan hanyalah mencetak seperti biasa.
Baca Juga :  Inilah Penjelasan Tentang Pengertian Hyperlink Beserta Jenisnya

Cara Membuka PDF yang Terkunci

PDF memiliki dua jenis kata sandi: kunci pengguna (kata sandi otorisasi) dan kunci pemilik (kata sandi terbuka). Berikut penjelasanya :

  • User Locked / kunci pengguna (Authorization Password) melindungi file dari orang yang tidak atau sengaja yang ingin mengubah file PDF kalian.
  • Owner-locked / kunci pemilik (open password). Jenis perlindungan ini mencegah orang tanpa kata sandi membuka file PDF kalian. Namun, tidak ada aplikasi atau aplikasi yang dapat membukanya.

Kesimpulan

Banyak alasan yang melatar belakangi terkuncinya sebuah file berjenis PDF ini. Salah satu alasanya adalah tidak diinginkanya penduplikatan / peng copy an file yang dilakukan tanpa seizin dari penulis untuk mencegah hal yang tidak diinginkan. Jadi pastikan kalian sudah memiliki izin untuk memperbanyak atau menggunakan suatu tulisan kepada pihak terkait atau dengan cara lain yait menyantumkan sumber terkait.

Cara ini juga dapat digunakan untuk file PDF kalian yang lupa passwrodnya sehingga terkunci. Demikian artikel tentang cara print, copy dan membuka PDF yang terkunci. Semoga dapat membantu kalian dalam menyelesaikan masalah seputar file PDF.

Jika ada masukan terkait penulisan, informasi atau apapun terkait artikel dan website ini, kalian dapat memberikanya melalui kolom komentar atau langsung menghubungi admin melalui kontak.

Untuk informasi terbaru lainya terkait teknologi dan tips & trik yang dapat membantu dalam keseharian, kalian dapat melihatnya di The General Greene.

Terima kasih sudah berkunjung.

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *