BangDin Pemula blogger yang ingin mendunia lewat konten yang menarik dan bermanfaat yang berfokus pada teknologi digital.

Cara Format Flashdisk di Laptop Windows 10/8/7 yang Benar

6 min read

Ada banyak cara untuk memformat flashdisk di laptop atau PC. Salah satunya adalah yang paling banyak digunakan, yang terdiri dari cara format flashdisk di laptop melalui sistem manajemen disk komputer.

Namun, apakah ada cara lain untuk memformat data Flash yang belum banyak membantu? Nah artikel kali ini akan membahasnya dalam tutorial cara memformat flashdisk di PC atau laptop menggunakan berbagai cara yang tentunya jarang diketahui dan digunakan.

Namun demikian, semua format flash biasanya disebabkan oleh fakta bahwa flashdisk tidak dapat dibaca atau dilindungi penulisannya pada laptop hingga kinerja flashdisk lambat dalam membaca dan menulis data (read and write).

Masalah lain yang lebih serius seperti Flash dipengaruhi oleh virus seperti malware yang merusak Flashdisk dan komputer.

Alasan Flaskdisk Harus di Format

Namun, tidak jarang bagi pengguna PC memformat flash drive USB untuk menginstal sistem operasi komputer, seperti membuuat flash drive yang dapat di boot untuk menginstal (bootable flashdisk instalasi os) Windows 10, Windows 8, Windows 7, dan Windows XP.

Dengan adanya flash disk, kita tidak lagi membutuhkan DVD untuk burning DVD aplikasi atau software. Ubah saja format flash dari FAT32 ke NTFS sesuai dengan format hard drive komputer.

Untuk mempersiapkannya, kalian perlu melakukan backup data terlebih dahulu ke flash drive, menyimpan semua file (dokumen, video, lagu, foto, dll) ke hard drive, atau melakukan backup file secara online menggunakan Google Drive atau One Drive.

Ini karena sebelumnya tidak mungkin memformat flash tanpa kehilangan data. Jadi alangkah baiknya jika kalian memindahkan semua file yang ada di flashdisk memory ke lokasi yang berbeda.

Bila sudah saatnya, mari memasuko langkah-langkah memformat flashdisk pada komputer yang benar agar tidak ditemukan kesalahan apapun yang menyebabkan flashdisk tersebut rusak (corrupt). Mari simak cara format flashdisk di laptop berikut.

Cara Memformat Flash Drive di Laptop Windows 10/8/7

Memformat Flash di Windows tidak jauh berbeda dengan memformat data Flash di Mac OS. Oleh karena itu, pengguna Apple dapat sedikit mengubah kebijakan yang ada sesuai kebutuhan.

Penting untuk diketahui bahwa tutorial tentang cara memformat Flash ini dapat diterapkan ke semua merek Flash mulai dari Sony, Patriot, Transcend, Flashdisk Kingston, V-Gen, Toshiba, SanDisk, Samsung, Adata dan Corsair, HP, Strontium, , PNY, dan merk flashdisk terbaik yang banyak digunakan lainnya.

Ada beberapa metode pemformatan data di Flash yang akan di bahas. Selain menggunakan Windows Explorer, kita bisa mengubah format flashdisk menggunakan CMD, PowerShell dan Disk Management.

Langkah – Langkah Untuk Memformat Flashdisk pada Laptop Windows

Kalian dapat menyimak dan mempraktikanya langsung metode dibawah ini untuk memformat ulang sehinggg flash disk yang digunakan kembali seperti baru dengan pengaturan defaultnya.

Cara Memformat Flash Disk Menggunakan Windows Explorer (File Explorer)

  1. Buka Windows Explorer dengan menekan tombol Windows + E pada keyboard komputer.
  2. Buka tab Computer (PC Ini) dan pilih Flashdisk untuk memformat data. Secara default, biasanya di lokasi berikut: G.
  3. Klik kanan pada Flashdisk dan pilih opsi Format untuk membuka pengaturan lanjutan.
  4. Jendela pop-up Format Flashdisk ditampilkan, di mana berbagai opsi konfigurasi tersedia untuk menghapus data secara permanen di memori Flash.
    • Capacity: Kapasitas penyimpanan flash yang umum tersedia di pasar berkisar dari 4GB, 8GB, 16GB, 32GB, dan 64GB.
    • File System: jenis format penyimpanan flash seperti NTFS, FAT, exFAT, dan FAT32 untuk penyimpanan standar.
    • Default Allocation Unit Size : Kapasitas flasdiskh system yang berperan dalam menulis (menulis) saat berada di komputer, seperti sistem: C. Semakin tinggi kapasitasnya, semakin baik pula performa data scanning di flashdisk memory.
    • Volume Label : Opsi ini memungkinkan Anda untuk menulis dan mengganti nama flash disk. Kalian dapat memasukkan huruf dan angka hingga simbol dengan batas 32 karakter.
    • Format Optionst: Mode format flash
    • Quick Format: Mode ini memungkinkan kalian memformat flash disk dengan cepat.
Baca Juga :  Ukuran Kertas F4 Dan Cara Setting (MM, CM, Inci, Pixel)

Sekarang setelah kita mengetahui deskripsinya, kalian dapat menggunakan opsi berikut untuk memformat data dalam memori flash.

  1. Di bagian Sistem File, pilih format yang sesuai dengan perangkat yang kalian gunakan. Contoh: Untuk instalasi bootable dari sistem operasi komputer, Anda dapat memilih NTFS. Ini karena format ini sama dengan format harddisk di komputer / PC.

Nah, untuk format Flash standar, kalian bisa memilih FAT32 jika hanya untuk menyimpan file.

  1. Di bagian Allocation unit size, pilih Default Allocation Size jadi ini tentu saja tidak rumit.
  2. Volume Label dapat di ubah dengan nama sesuai keinginan kalian atau yang lainnya.
  3. Pastikan untuk memeriksa opsi Format Cepat di bagian Quick Format  untuk membuat proses pemformatan selesai lebih cepat.
  4. Jika semuanya sudah siap, Kalian dapat menekan tombol Start untuk mulai memformat flashdisk.
  5. Biasanya, pop-up peringatan akan muncul: “Peringatan: Memformat akan menghapus semua data pada hard drive ini. Untuk memformat hard drive, klik OK. Klik Batal untuk keluar” atau “Warning: Formatting will erase All data on this disk. To format the disk, click OK, To quit, click Cancel jika kalian menggunakan bahasa inggris.
    Tekan OK untuk melanjutkan.
  6. Tunggu proses format data di flashdisk selesai. Format complete ditampilkan. Klik OK untuk menutupnya.
  7. Untuk mengetahui apakah flashdisk sudah diformat atau belum, kalian bisa membuka flashdisk tersebut.
Cara Format Flashdisk di Laptop Windows 10/8/7 yang Benar

Kita dapat melihat bahwa semua file di flashdisk berhasil dihapus dengan cepat.

Dengan metode ini, kalian dapat mengubah format Flash dari NTFS ke FAT32 dan exFAT ke FAT32 dan FAT32 ke NTFS ke format lain.

Selanjutnya, mari mencoba cara format flashdisk di laptop melalui Manajemen Disk komputer.

Cara Format Flashdisk Lewat Disk Management

cara format flashdisk di laptop
  1. Tekan Windows Key + R pada keyboard kalian untuk membuka menu Windows Run.
  2. Masukkan perintah diskmgmt.msc dan tekan Enter atau OK untuk membuka Manajemen Disk Windows.
  3. Dalam menu “Disk Management” di sebelah kanan tab “volume“, pilih flash disk yang kalian gunakan. Kemudian klik kanan pada “Mouse” dan pilih opsi “Format“.
  4. Menu pop-up Format akan muncul seperti di atas, berisi label volume, sistem file, ukuran unit alokasi, melakukan format cepat, dan mengaktifkan kompresi file dan folder.
    • Atur sesuai kebutuhan, terutama di bagian Sistem file, dan jangan lupa untuk mengaktifkan Perform a quick format agar prosesnya berjalan lebih cepat. Kemudian tekan tombol OK.
  5. Jendela popup yang terkait dengan format data akan muncul seperti ini. “Memformat volume ini akan menghapus semua data di dalamnya” atau “Formatting this volume will erase all data on it. Back up any data you want to keep before formatting. Do you want to continue?“.

Terakhir, tekan tombol OK untuk mengonfirmasi bahwa proses penghapusan semua data pada flashdisk akan berlangsung secara otomatis.

Pada titik ini, kalian bisa langsung mengecek apakah flashdisk sudah bisa diformat atau tidak. Setidaknya memformat data flashdisk melalui manajemen disk dapat melengkapi referensi kalian dalam membersihkan semua file di flashdisk.

Namun, jika flashdisk tidak dapat diformat. kalian dapat menggunakan metode berikut.

Cara Format Flashdisk di Laptop Melalui CMD Windows 7/8/10

  1. Pertama klik tombol kanan mouse pada USB Flaskdisk dan kemudian pilih Properties. Pada langkah ini, kalian harus menentukan format Flash yang digunakan sebelum mengonversi ke format lain.
  2. Disini akan merubah format flashdisk dari NTFS menjadi exFAT, seperti gambar diatas ini, format flashdisk adalah NTF. Jadi bagaimana Anda bisa mengubah format flash dari Command Prompt ini? Berikut penjelasannya.
  3. Tampilkan menu Run Windows dengan menekan tombol Windows + R. Ketika sudah, silahkan memasukkan perintah CMD, tekan Enter atau klik OK untuk menjalankannya.
  1. Setelah jendela CMD terbuka, masukkan perintah berikut.
Baca Juga :  Perbedaan dan Fungsi Utama UPS dan Stabilizer
Format G: /v:NamaFlashdisk /fs:FormatPenyimpanan /q
  • Berikut penjelasan detail dari format perintah tersebut.
    • Format >> Ini menunjukkan di mana flashdisk disimpan, misalnya di: G.
    • / v: >> Dengan perintah ini Anda dapat memberi nama flash disk. Misalnya, saya menyebutnya LabelFlashdisk seperti di contoh ini.
    • / fs: >> Anda dapat mengubah format Flash dari NTFS, FAT, FAT32 dan exFAT sesuai kebutuhan Anda.
    • / q >> sufiks perintah.
  1. Sekarang setelah kalian mengetahui arti dari masing-masing perintah ini, mari coba memformat flash dari NTFS ke exFAT. kalian juga dapat melakukan ini untuk format Flash lainnya.

Di sini juga akan tertulis perintah seperti berikut.

Format G: /v:NamaFlashdisk /fs:exFAT /q
  1. Kemudian kalian dapat menekan Enter pada keyboard.
  2. Tekan Enter lagi saat kalian melihat pesan “and press ENTER when ready….
  3. Kemudian kalian akan menerima pemberitahuan bahwa proses format Flash telah berhasil.
  4. Kalian dapat memeriksanya dari menu Properties di mana File Systemtelah diubah menjadi exFAT.

Cara ini tidak jauh berbeda dengan memformat flashdisk di Linux Mint yang didasarkan pada kode perintah sistem (encoding).

Namun, jika kalianmenggunakan perintah Format Flasdisk melalui DiskPart, secara alami akan menjadi jauh lebih rumit dan membosankan.

Selain itu, kalian juga dapat memformat flash melalui Windows PowerShell, yang tidak jauh berbeda dengan command prompt Windows.

Nah, kebanyakan dari kalian bingung saat memilih format flashdisk yang akan menggunakan format FAT32, FAT, NTFS atau exFAT.

Berikut adalah manfaat dari format masing – masing Flashdisk apa pun yang dapat dibaca.

Kelebihan dan Kekurangan Format FAT, FAT32, exFAT, serta NTFS

Cara Format Flashdisk di Laptop Windows 10/8/7 yang Benar

Kelebihan format FAT32 dan FAT

  • Proses transfer data lebih cepat karena operasi penulisan disk lebih kecil.
  • Format penyimpanan kompatibel atau cocok untuk semua jenis sistem operasi di Windows, Mac OS, Kali Linux, Ubuntu, Android, dan lainnya.

Kelemahan Format FAT32 dan FAT

  • Kapasitas penyimpanan maksimalnya hanya 4GB.
  • Itu tidak didukung sebagai media instalasi untuk sistem operasi komputer.

Kelebihan format exFAT

  • Partisi hard drive besar hingga 32GB atau lebih.
  • Manajemen ruang penyimpanan yang baik.
  • Membaca dan menulis (membaca dan menulis) lebih cepat, terutama dengan file berukuran 4 GB dan lebih banyak.

Kekurangan dari format exFAT

  • Itu tidak mendukung penginstalan sistem operasi komputer.

Kelebihan format NTFS

  • Partisi besar lebih besar dari 32GB.
  • Baca / tulis file yang lebih besar dari 4GB hingga kapasitas flash maksimum.
  • Manajemen ruang penyimpanan yang baik dapat meminimalkan risiko fragmentasi.
  • File enkripsi yang mendukung teknologi EFS (Encryption File System).
  • Unit ini dapat memampatkan data untuk menyimpan lebih banyak file.
  • Perlindungan keamanan file dengan fitur izin pengguna untuk file atau folder apa pun di memori flash.
  • Risiko lebih rendah dari ruang terbuang berkat manajemen cluster yang lebih baik.

Kekurangan Format NTFS

  • Format NTFS hanya bisa dibaca di Mac OS (read only)
  • Di bawah sistem operasi Linux NTFS, ini dapat menjadi hanya-baca atau hanya-baca.
  • Lebih sedikit dukungan untuk sistem operasi lama.
  • Tidak dikenali saat boot dengan Flopy.
  • Selain itu, semua format NTFS banyak digunakan untuk menginstal sistem operasi komputer seperti Windows, Mac OS, Kali Linux, Ubuntu, dan sistem operasi lainnya

Bagaimana jelas perbedaan format NTFS, FAT, FAT32, dan exFAT?

Kesimpulan

Gunakan format Flashdisk sesuai kebutuhan, terlepas dari apakah kalian hanya menyimpan data atau untuk penginstalan sistem operasi. Format flash tidak boleh sering diubah agar flashdisk menjadi permanen dan memiliki masa pakai yang lama.

Semoga dengan adanya cara format flashdisk di laptop ini dapat membantu kalian semua. Jika ada kritik dan saran, atau kalian ingin meminta dicarikan informasi digital lainya kalian bisa mengisi dikolom komentar dibawah Untuk memajukan website ini.

Terima kasih telah berkunjung Greene.

BangDin Pemula blogger yang ingin mendunia lewat konten yang menarik dan bermanfaat yang berfokus pada teknologi digital.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *