BangDin Pemula blogger yang ingin mendunia lewat konten yang menarik dan bermanfaat yang berfokus pada teknologi digital.

Mengatasi Excel Not Responding

3 min read

Apakah kalian sering melihat Excel berhenti merespons, macet, dan tiba-tiba berhenti? Buat diri kamu nyaman karena di artikel ini, akan menjelaskan cara mengatasi Excel jika tidak merespons / not responding.

Ms. Excel adalah sebuah aplikasi atau program yang merupakan bagian dari paket instalasi Microsoft Office. Microsoft Excel banyak digunakan untuk memproses angka. Excel banyak digunakan oleh orang-orang yang pekerjaannya melibatkan rumus dan angka, seperti: B.Akuntan, pebisnis, dll.

Karena Excel masih tidak responsif, ini pasti akan membuat bekerja dengan Microsoft Excel menjadi sulit. Ini pasti mengganggu, terutama ketika pekerjaan kalian selesai dan kalian ingin menyimpannya tetapi tidak ada tanggapan.

Baginilah cara Mengatasi Excel Not Responding :

Cara Mengatasi Excel Not Responding

Inilah Cara Mengatasi Excel Not Responding Dengan Cepat dan Mudah

Masalah Excel tidak merespons tampak sepele, tetapi menjadi lebih besar jika kalian tidak menanganinya dengan benar. Jika Excel mengalami crash tanpa penanganan yang tepat, ini dapat mengakibatkan hilangnya data yang telah dibuat. Berikut adalah langkah-langkah untuk menangani Excel tidak merespons.

1. Lakukan pembaruan instalasi

kalian dapat menggunakan metode kedua ini jika metode pertama tidak berhasil. Microsoft Excel mungkin tidak merespons masalah karena kalian perlu menerapkan pembaruan. Berikut langkah-langkah untuk mengupdate Ms. Excel. Aplikasi Excel yang digunakan Infozone adalah versi 2013, ya, biasanya tidak terlalu berbeda untuk versi lain.

  1. Buka aplikasi “Ms. Excel” dan buat dokumen baru.
  2. Pilih file di sudut kiri atas dan klik Akun.
  3. Di bawah Informasi Produk, pilih opsi Pembaruan.
  4. Pilih Aktifkan pembaruan (jika opsi ini tersedia).
  5. Pilih Perbarui sekarang untuk memeriksa dan menginstal pembaruan secara manual.
  6. Tunggu pembaruan selesai.
  7. Meningkatkan ke versi terbaru akan memperbaiki masalah dengan mengganti file lama dan memperbaiki kerentanan. Jika masalah crash Excel tetap ada, kalian dapat mencoba metode berikut ini.
Baca Juga :  Cara Membuat Linktree Line, WhatsApp, Bitly dan Twitter

2. Gunakan Mode Aman

Cara pertama untuk menangani Microsoft Excel yang tidak merespons adalah dengan menggunakan mode simpan atau mode aman. Dalam mode aman, Excel bekerja tanpa program startup tertentu.

Untuk menggunakan mode simpan Excel, pertama-tama tahan tombol Ctrl saat memulai program Excel. kalian juga dapat menggunakan sakelar / save atau Excel.exe / Save saat memulai program dari baris perintah.

Nanti, Ms. Excel melompati fungsi dan beberapa pengaturan lainnya, hal. Contoh B. Lokasi startup alternatif, toolbar yang dimodifikasi, folder XLStart, add-in Excel, dan add-in COM.

3. Periksa plugin untuk masalah atau Add-in

Masalah dengan add-in adalah Excel tidak merespons saat berikutnya disimpan. Add-in dirancang untuk meningkatkan penggunaan Excel. Namun, add-in dapat mempengaruhi kinerja Excel. Berikut cara memeriksanya.

  1. Buka Excel dalam mode aman.
  2. Pilih File> Opsi> Plugin.
  3. Pilih COM Add-in> Enter (Go).
  4. Setelah kalian memilih OK, hapus semua tanda centang dari daftar.
  5. Tutup aplikasi dan mulai ulang Excel.

4. Pastikan Excel tidak menjalankan proses lain pada saat yang bersamaan

Jika Excel menjalankan proses lain pada waktu yang bersamaan, tentu akan mempengaruhi kinerja program itu sendiri. Kalian dapat mengetahuinya dengan melihat bilah status di bagian bawah Ms. Excel. Jika kalian melakukan hal yang sama pada waktu yang bersamaan, ada kemungkinan program tidak akan merespon.

Jadi apa solusinya?

Tunggu saja hingga tugas pertama selesai atau tutup dokumen (jika tidak terlalu penting atau kalian memiliki file kosong). Hal ini dilakukan agar Excel tidak mengalami overload yang dapat mengakibatkan kesulitan dalam bekerja secara maksimal.

5. Hapus instalan aplikasi dan instal ulang aplikasi Excel.

Cara selanjutnya untuk melanjutkan jika Excel tidak merespons adalah dengan menginstal ulang Microsoft Excel. Cara ini cukup ampuh karena Excel kalian akan seperti baru lagi nanti (seperti saat pertama kali menginstalnya). Dengan cara ini, kesalahan yang biasanya terjadi pada Ms. Excel kalian akan hilang. Jangan khawatir, dokumen yang sudah kalian buat tidak akan hilang.

Baca Juga :  Cara Instal dan Registrasi Dapodik 2022

6. Periksa apakah Excel tidak kompatibel dengan antivirus.

Cara terakhir untuk memperbaiki Excel tidak merespons saat menyimpan adalah dengan memeriksa apakah aplikasi Excel kalian bermasalah dengan antivirus yang kalian gunakan. Pembaruan antivirus biasanya terjadi secara teratur dan dapat ditemukan di situs web antivirus resmi.

Jika Excel tersambung ke antivirus, itu bisa menyebabkan Excel terus-menerus berhenti merespons. Untuk memperbaiki masalah ini, kalian cukup menonaktifkan tautan Excel di antivirus kalian. Kamu juga dapat menonaktifkan semua add-in antivirus di Ms. Excel.

Dengan cara ini, tentu saja risiko dapat muncul, misalnya. Misalnya B. Serangan virus, penipuan dan ancaman lainnya. Cara ini bisa kalian gunakan selama kalian mengetahui risiko yang mungkin timbul.

7. Perbaiki Ms. Office

Cara berikutnya untuk memperbaiki Excel yang tidak merespons adalah dengan memperbaiki Microsoft Office. Berikut langkah-langkah untuk memperbaiki Microsoft Office.

  1. Buka Panel Kontrol.
  2. Ada beberapa opsi nanti. Pilih Program> Program dan Fitur.
  3. Klik aplikasi Office yang kalian gunakan dan klik Ubah di bagian atas.
  4. Kemudian yang harus kalian lakukan adalah memilih Perbaikan dan ikuti petunjuknya.

Jika cara ini masih belum bisa menyelesaikan masalah, kalian bisa mencoba cara selanjutnya.

Kesimpulan

Berikut beberapa tip tentang cara menangani Excel dengan mudah saat tidak merespons. Selain Microsoft Excel, cara ini dapat kalian gunakan pada produk Microsoft Office lainnya seperti: B. pada produk Ms. Word, Powerpoint dan Ms. Other Office. Jika masalah Excel tidak merespons masih belum terselesaikan, kalian dapat menghubungi dukungan Microsoft di situs web resmi.

kalian mencoba menghubungi dan menjelaskan masalah yang muncul. Terima kasih telah membaca, saya harap ini membantu!

Termukan artikel menarik lainnya hanya di The General Greene.

Terima kasih.

Baca Artikel Menarik Lainnya :

BangDin Pemula blogger yang ingin mendunia lewat konten yang menarik dan bermanfaat yang berfokus pada teknologi digital.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *