BangDin Pemula blogger yang ingin mendunia lewat konten yang menarik dan bermanfaat yang berfokus pada teknologi digital.

Istilah Wajib Dalam Saham

2 min read

Tahap ketiga setelah mengerti dasar saham, memilih platform atau aplikasi trading saham adalah dengan mengetahui istilah – istilah wajib dalam saham untuk pemula trading.

Istilah merupakan sesuatu yang harus diketahui oleh semua trading saham. Pasalnya jika kalian memilih platform saham terbaik yang memakai istilah dalam penjual belian sahamnya, kalian tidak akan mudah membacanya.

Selain itu istilah juga dapat kalian pergunakan untuk membaca riview yang diberikan oleh pengguna lain terkait saham yang ingin kalian beli. Kebanyakan dari pengguna trading memakai istilah dalam membuat ringkasan atau berita terkait saham suatu perusahaan.

Jadi, alangkah pentingnya jika kalian mengetahui istilah wajib dalam saham sebelum terjun langsung untuk menginvestasikan uang kalian disini.

Artikel ini merupakan bagian ketiga dari artikel sebelumnya yaitu belajar Saham I dan Saham II.

Istilah Dasar Untuk Trading Pemula

Jika kalian berbicara dengan orang yang berasal dari inggris, tetapi kalian gak bisa bahasa inggris, pastilah kalian tidak akan mengerti apa yang dikatan serta maksud dan tujuan dari orang asing tersebut.

Perumpamaan diatas dapat dijadikan contoh dalam bermain saham. Banyak pengguna trading yang menggunakan istilah yang tidak diketahui artinya untuk orang awam.

Jadi tugas utama bagi kalian trading pemula sebelum menanamkan modal kalian dia dunia saham adalah mengetahui arti dari istilah yang sering dipakai dalam trading.

Tanpa basa basi mari ketahui istilahnya dibawah ini.

  1. Blue chip, Middle Cap, dan Small Cap

Istilah dasar yang paling sering muncul dalam dunia trading bursa efek saham dibagi menjadi tiga berdasarkan dari faktor kapitalis pasarnya, yaitu Blue chip, Middle Cap, dan Small Cap.

Blue chip merupakan saham lapis satu yang fungsinya untuk menggerakkan IHSG atau Indeks Harga Saham Gabungan, dengan harga kapitalisnya bisa mencapai lebih dari 10 triliun rupiah. Jenis saham ini biasanya dimiliki perusahaan dengan fundamental yang kuat, volatilitas rendah dan memiliki harga yang tinggi untuk setiap saham yang dibeli.

Baca Juga :  Menghilangkan / Menghapus Background Photoshop

Saham dengan kapitalisasi menengah atau Middle cap, yaitu saham lapis kedua dengan kapitalisasi pasar antara Rp. 500 miliar dan 10 triliun rupiah. Saham mid cap cenderung stabil dan diklasifikasikan sebagai saham perusahaan yang masih berkinerja baik.

Demikian juga saham kapitalisasi kecil (small cap) atau saham lapis ketiga, yaitu saham dengan pemodal pasar di bawah Rp. 500 miliar.

Saham kapitalisasi kecil sangat fluktuatif dan sering menjadi sasaran spekulan manipulasi harga, juga dikenal sebagai saham goreng.

  1. Emiten dan Efek

sekuritas atau efek yang dapat dinegosiasikan seperti hutang, saham atau obligasi yang dapat diperdagangkan. Simpelnya dapat dikatakan efek adalah harga dari sebuah saham. Terkadang harganya dapat kita negosiasikan tergantung dari platformnya.

Sedangkan emiten adalah pihak atau perusahaan yang menawarkan efek kepada investor sebagai bagian dari penawaran umum.

  1. Bearish dan Bullish

Bearish adalah turunya harga dari saham sebuah perusahan selama periode waktu tertentu. Sedangkan Bullish memiliki arti tren untuk naiknya harga dari sebuah saham.

Jadi kedua istilah ini memiliki arti yang berlawanan. Jangan sampai tertukar karena dapat berakibat fatal dan berujung kerugian.

  1. Profit taking, Cut loss and and Stop loss

Profit taking diartikan sebagai tindakan dari trading untuk menjual seluruh saham yang telah dibelinya dengan dasar karena mendapatkan keuntungan dari kenaikan harga saham dari harga belinya di suatu perusahaan.

Cut Loss adalah ungkapan untuk menanggulangi kerugian yang semakin membekak akibat semakin merosotnya harga jual dari saham yang dimiliki sehingga harus di jual.

Stopp loss adalah teknik penempatan order yang dibaca sistem secara otomatis ketika harga saham mencapai level tertentu

  1. IPO, Listing dan Delisting

Initial Public Offering atau IPO adalah harga penawaran perdana dari semua perusahaan yang baru saja mendaftarkan namanya kedalam di IHSG.

Baca Juga :  Pengertian, Manfaat, dan Tujuan Dari Otomatisasi Perkantoran

Listing diartikan sebagai pencatatan nama perusahaan kedalam list bursa efek.

Delisting adalah kebalikan dari listing.

  1. Buyback

Buyback adalah kegiatan membeli kembali saham yang diedarkan secara publik oleh emiten atau perusahaan yang mengeluarkan saham tersebut.

  1. Auto Reject, Suspend dan Halting

Auto reject adalah penolakan yang dilakukan oleh Jakarta Automated Trading System atau JATS atas harga saham yang melebihi dari batas yang telah ditentukan bursa efek baik jual maupun beli.

Suspend adalah pemberhentian dari seluruh kegiatan jual beli oleh JATS dalam waktu yang telah ditentukan.

Sedangkan Halting adalah pemberhentian sementara transaksi jual beli karena ada kenaikan atau merosotnya harga secara drastis dari harga sebelumnya.

Kesimpulan istilah wajib dalam saham

Istilah diatas adalah istilah yang sangat umum di dalam dunia trading saham. Jadi kalian wajib banget mengingat dan mempelajari dari nama nama diatas dalam platform yang kalian pilih.

Ingat untuk selalu menganalisis suatu perusahaan, apakah keuanganya sedang sehat atau malah sebaliknya. Selalu mainkan psikologi kalian secara tenang dalam menentukan pilihan.

Emosional kalian merupakan faktor yang penting dalam meraih sukses di dalam dunia trading. Jangan mengikuti nafsu, karena harga saham bisa saja terjun bebas sewaktu waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Tanamkan didalam pikiran bahwa kalian adalah seorang yang sukses dalam dunia trading saham.

Silahkan baca artikel lainya tentang trading saham agar kalian menjadi salah satu orang sukses dalam melakukan investasi saham.

Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kalian semua. Jika ada kritik dan saran, atau kalian ingin meminta dicarikan informasi digital lainya kalian bisa mengisi dikolom komentar dibawah Untuk memajukan website ini.

Terima kasih telah berkunjung Greene.

BangDin Pemula blogger yang ingin mendunia lewat konten yang menarik dan bermanfaat yang berfokus pada teknologi digital.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *