BangDin Pemula blogger yang ingin mendunia lewat konten yang menarik dan bermanfaat yang berfokus pada teknologi digital.

Cara Mudah Kalibrasi Baterai Laptop

3 min read

Alasan kebanyakan orang lebih memilih laptop adalah karena daya mobilitasnya yang sangat tinggi. Laptop dapat dibawa kemanapun sedangkan PC tidak. Oleh karena itu daya baterai adalah kunci dari sebuah laptop. Tapi daya baterai akan terus berkurang seiring waktu, jadi kalian harus laukan kalibrasi baterai laptop.

Berbeda jauh dengan PC atau personal computer, desktop dalam laptop sudah di rancang untuk dapat hidup tanpa harus terhubung dengan arus listrik sementara waktu. Sebagai gantinya, ditanamkan sebuah baterai sebagai pengganti arus listrik sementara agar perangkat dapat hidup da menjalankan sistem.

Tapi akibat pemakaian yang terus menerus seiring berjalannya waktu, persentase daya baterai pada laptop akan semakin menurun, sehingga arus listrik yang dapat disimpan akan berkurang dari kondisi awal. Tidak sedikit juga ditemukan adanya kasus dimana baterai semula penuh, tiba – tiba habis.

Jika masalah itu terdapat pada baterai laptop kalian, jangan panik dan terburu – buru untuk membeli baterai yang baru. Kalian dapat mencoba untuk melakukan kalibrasi baterai laptop terlebih dahulu.

Namun jika kalian ingin membeli baterai laptop baru secara online, lebih baik kalian memilih Perusahaan Logistik Terbaik untuk menjaga barang kalian tetap aman.

Cara Melakukan Kalibrasi Baterai Laptop Asus, Acer, Hp, Lenovo Windows 7 / 8 / 10

Kalibrasi sebenarnya menguji keakuratan nilai suatu alat ukur dibandingkan dengan alat standar yang diverifikasi. Namun dalam hal ini, perbandingannya adalah penyimpanan baterai itu sendiri.

1. Kalibrasi Laptop Umum

Untuk melakukan kalibrasi baterai, pengguna tidak perlu menginstal aplikasi pihak ketiga. Pengguna dapat mengkalibrasi baterai laptop dengan cara berikut:

  1. Buka opsi baterai dengan mengklik kanan ikon baterai di pojok kanan bawah dan memilih opsi baterai
  2. Saat terbuka, pilih opsi Create A Power Plan
  3. Isi kolom Plan name dengan nama opsi power setting yang ingin kalian gunakan lalu klik tombol Next
  4. Ubah semua pengaturan ke Tidak Pernah/Never dan klik Create
  5. Gunakan pengaturan daya ini dengan mengetuk nama
  6. Tutup opsi baterai, isi daya atau isi penuh baterai dan jangan aktifkan aplikasi apa pun
  7. Lepaskan adaptor atau pengisi daya dari laptop dan biarkan sampai mati.
  8. Setelah mati, isi ulang baterai hingga penuh kembali.
kalibrasi baterai laptop asus hp lenovo acer pada windows 7 8 10 dengan mudah

Dengan metode yang diuraikan di atas, pengukur baterai laptop seharusnya menunjukkan persentase yang lebih akurat, juga dikenal sebagai tidak memantul ke atas dan ke bawah seperti sebelumnya.

Baca Juga :  Snapdragon 888 VS Snapdragon 865

2. Kalibrasi Baterai Cara Manual

kalibrasi pertama ini dapat dilakukan secara manual tanpa menggunakan software, sehingga dapat digunakan untuk semua jenis notebook apapun. Cara ini sangat aman. Berikut langkah-langkah untuk mengkalibrasi baterai laptop secara manual.

  1. Gunakan laptop seperti biasa sampai indikator baterai menunjukkan 5%.
  2. Setelah indikator baterai mencapai 5%, lakukan hibernasi laptop.
  3. Tunggu sampai layar laptop berada pada 0% dan laptop mati sepenuhnya. Proses ini biasanya memakan waktu beberapa jam. Tujuannya agar proses kalibrasi baterai laptop dapat bekerja dengan baik.
  4. Saat laptop benar-benar mati, laptop akan mulai mengisi daya. Biarkan laptop dalam keadaan mati saat mengisi daya dan jangan menyalakannya hingga baterai penuh.
  5. Sekarang baterai laptop dikalibrasi dengan sempurna dan masa pakai baterai lebih lama dari sebelumnya.

Dengan cara diatas kalian dapat memulihkan kembali daya baterai laptop seperti semula walaupun tidak persis mirip seperti awal beli. Lakukanlah sesekali untuk memelihara kesehatannya sebelum baterai laptop soak.

3. Kalibrasi Dengan Battery Care

Metode kalibrasi ini menggunakan perangkat lunak Battery Care. Ukuran software ini tergolong kecil dan dapat memberikan informasi merk, kapasitas baterai, keausan, dan kapan terakhir kali dikalibrasi. Jika keausan kurang dari 20%, baterai harus dikalibrasi. Pelajari cara mengkalibrasi dengan Battery Care.

  1. Langkah pertama adalah menyiapkan software Battery Care laptop.
  2. Setelah software selesai, pastikan baterai laptop sudah penuh atau 100% terisi.
  3. Tetap biarkan baterai terus mengisi selama 2 jam berikutnya meskipun angka 100% ditampilkan. Tujuannya untuk mendinginkan dan mengoptimalkan sel ion di dalam baterai.
  4. Cabut charge dari stopkontak.
  5. Lihat di sebelah kanan ikon baterai dan klik opsi daya/power option.
  6. Kemudian cari default balance dan klik plan setting.
  7. Pilih Ubah pengaturan daya lanjutan / Change advanced power setting.
  8. Buka jendela Baterai atau klik kata Baterai.
  9. Mode Hibernasi dipilih pada critical battery action.
  10. Pengaturan 5% juga dapat dipilih saat level baterai rendah.
  11. Saat ini laptop masih bisa digunakan hingga baterainya mencapai 6%.
  12. Biarkan hibernasi dan jangan nyalakan laptop selama 6 jam berikutnya.
  13. Jika laptop dalam keadaan mati, matikan charger hingga baterai penuh.
  14. Kalibrasi baterai laptop selesai dan keausan telah berkurang.

Dengan metode ini, daya baterai kalian dapat dipergunakan dengan lebih efesien, dan jangan lupa untuk selalu merhatikan keadaan baterai laptop jangan sampai error.

4. Kalibrasi melalui BIOS LSI

Pilihan keempat adalah menggunakan BIOS untuk mengkalibrasi baterai laptop.

kalibrasi baterai laptop asus hp lenovo acer pada windows 7 8 10 dengan mudah

Namun, cara ini hanya bisa dilakukan pada notebook merek tertentu. Fungsi BIOS dapat bertindak sebagai perlindungan baterai karena pengisian baterai terus menerus. Dengan fitur ini, daya tahan baterai bisa lebih lama. Berikut cara mengkalibrasi menggunakan BIOS.

  1. Pertama, periksa apakah laptop tersedia dengan fungsi ini. Untuk melakukan ini, klik gambar baterai di kanan bawah layar. Jika tertulis “Tersedia (available)”, “Tersambung (plugged in)” dan “Tidak dimuat (not charging)”, itu tersedia.
  2. Aktifkan menu BIOS dengan menekan F2, cari menu perpanjangan masa pakai baterai (battery life cycle ectension) dan aktifkan pengaturan (setting).
  3. Terus tekan ESC, simpan dan hidupkan ulang.
  4. Pastikan kabel adaptor telah dicabut dari laptop.
  5. Masuk ke fungsi BIOS.
  6. Klik menu Battery Settings, kemudian klik Smart Battery Calibration.
  7. Setelah daya baterai muncul antara 0% dan 100%, segera cabut kabel daya dan tekan tombol Enter.
  8. Tunggu laptop mati sendiri, yang biasanya memakan waktu lama.
  9. Saat laptop benar-benar kosong, cukup colokkan kembali kabel adaptor untuk mengisi daya hingga penuh.
  10. Baterai laptop bertahan lebih lama dari sebelumnya.
Baca Juga :  Perusahaan Logistik Indonesia Terbaik yang Perlu Kalian Ketahui

Kalibrasi baterai laptop diperlukan untuk laptop yang telah digunakan dalam waktu lama. Metode kalibrasi baterai laptop di atas dapat dicoba untuk masa pakai baterai yang lebih lama.

Jika ingin membeli baterai online, kalian harus memilih terlebih dahulu platform E Commerce yang jual baterai laptop asus, acer, hp, lenovo dengan kualitas original.

Kesimpulan

Namun, harus ditekankan lagi bahwa daya tahan baterai tidak membaik sama sekali, hanya skala yang digunakan di layar yang berubah.

Harap dicatat bahwa kalibrasi tidak akan mengembalikan kapasitas baterai laptop ke normal. Langkah ini sebenarnya hanya mengubah persentase baterai ke skala nyata sehingga perangkat dapat menampilkan persentase baterai laptop dengan benar.

Seperti yang sudah dijelaskan, Baterai laptop lama dan baru tentunya memiliki kapasitas yang sangat berbeda untuk menyimpan listrik. Oleh karena itu, pada saat kalibrasi ini skala pengukuran kapasitas baterai disesuaikan dengan kapasitas penyimpanan baterai, sehingga laptop tidak lagi menunjukkan persentase error dimana baterai tiba-tiba melemah, padahal sebelumnya sudah terisi penuh.

Semoga artikel diatas dapat membantu kalian terkait kalibrasi baterai laptop asus, acer, hp, lenovo pada windows 7 / 8 / 10. Temukan informasi tentang teknologi menarik lainnya hanya di Thegeneralgreene.

Terima kasih.

BangDin Pemula blogger yang ingin mendunia lewat konten yang menarik dan bermanfaat yang berfokus pada teknologi digital.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *