BangDin Pemula blogger yang ingin mendunia lewat konten yang menarik dan bermanfaat yang berfokus pada teknologi digital.

Kenapa Background Laptop Hitam, Ternyata Ini Penyebabnya

3 min read

Saat melakukan konfigurasi laptop, biasanya dimenemukan error atau kesalahan yang sangat mengganggu aktivitas bahkan tidak jarang membuat layar menjadi hitam. Lalu kenapa background laptop hitam ?

Untuk menghilangkan kesalahan ini, thegeneral biasanya langsung ke Pengaturan dan melakukan berbagai metode untuk memperbaikinya. Namun terkadang malah menjadi lebih parah.

Situasi seperti ini terkadang sangat mengganggu, terutama ketika kita membutuhkan laptop untuk melakukan pekerjaan yang sangat sulit dan penting.

Namun masalah ini tidak hanya ditemukan pada laptop, kalian juga harus mengetahui penyebab dan cara memperbaiki layar hp yang bergaris.

Nah, untuk kalian yang memiliki masalah terkait background laptop menjadi hitam, mari simak ulasan di bawah untuk mencari penyebab serta memperbaikinya (untuk semua merek Laptop).

Kenapa Background Laptop Hitam Secara Tiba – Tiba ?

Jika ada pertanyaan kenapa background laptop hitam tiba-tiba sering muncul saat kalian sedang menggunakan komputer, pasti ada sesuatu penyebabnya. Biasanya hal itu terjadi ketika sedang melakukan kegiatan berikut :

  1. Pada tampilan desktop, klik kanan dan pilih ikon Show Desktop.
  1. Pilih tema menggunakan opsi “Personalize” setelah itu klik kanan pada layar desktop.
  2. Tutup jendela Personalize.

Setelah mengikuti tiga langkah di atas, biasanya laptop error dan layar menjadi hitam dan tidak dapat dikembalikan. Selain ketiga hal diatas, ada beberapa faktor lain yang membuat background laptop menjadi hitam, yaitu:

Proses Update atau Instalasi Windows yang Tidak Sempurna

Salah satu hal yang dapat membuat background laptop menjadi hitam adalah proses instalasi yang tidak tuntas. Penginstalan Windows yang tidak tuntas biasanya disebabkan oleh laptop kehabisan baterai atau kehilangan daya selama proses penginstalan. Kondisi inilah yang menjadi alasan kenapa latar belakang laptop berwarna hitam.

Kerusakan file Eksplorer

File Explorer adalah salah satu fungsi atau aplikasi yang paling banyak digunakan di laptop. File explorer ini digunakan untuk membuka file yang disimpan di laptop. Karena keberadaannya yang sangat penting, sedikit masalah di File Explorer adalah membuat sebagian besar sistem tidak dapat digunakan dan latar belakang laptop berwarna hitam.

Baca Juga :  Mengatasi Internet Indihome Lemot dan Sinyal Patah-Patah

Ada virus

Hal lain yang mungkin juga menyebabkan latar belakang laptop menjadi hitam adalah virus di dalam laptop. Jika desktop kalian terkena virus, virus ini akan menyebabkan beberapa fungsi komputer tidak berfungsi. Termasuk layar desktop yang tiba-tiba menjadi hitam.

Selain background laptop yang hitam, ciri khas lain dari hadirnya virus di laptop adalah munculnya file baru dengan nama yang aneh. Hard drive terisi meskipun tidak ada file besar. Muncul jendela pop up yang mengganggu pengoperasian, aktivitas, dll.

Windows Tidak Asli

Biasanya sebagian besar pengguna menginstal sistem Windows yang tidak asli. Sistem ini umumnya diperoleh dari situs web tidak resmi daripada Windows. Efek menggunakan Windows tidak original juga dapat menyebabkan layar desktop menjadi hitam dan gambar latar belakang tidak dapat diubah.

Selain itu, menggunakan jendela Windows yang tidak asli dapat membuat beberapa fungsi tidak dapat digunakan.

Proses Booting Tidak Sempurna

Saat kita menyalakan laptop, pasti akan melewati proses tampilan logo sebelum sampai ke tahap desktop ditampilkan. Namun terkadang terdapat error yaitu berhentinya proses masuk ke desktop saat laptop menampilkan logo merek laptop. Hal ini juga penyebab layar laptop menjadi hitam.

Masalah Pada Power Supply

Jika adaptor daya laptop kalian rusak, itu juga dapat menyebabkan latar belakang laptop menjadi hitam. Kerusakan pada adaptor daya akan mencegah laptop untuk menyala atau mungkin menyala, tetapi itu hanya akan menampilkan layar hitam.

Overheat

Overheating adalah kondisi dimana suhu laptop menjadi sangat tinggi dan melebihi ketahanan maksimum terhadap suhu komponen internal. Jika laptop kalian terlalu panas, kemungkinan latar belakang laptop berwarna hitam dan tidak berfungsi dengan baik.

Kerusakan Inventer

Jika laptop kalian tiba-tiba menjadi hitam atau layar menjadi hitam, coba pindahkan ke tempat terang atau gunakan senter untuk melihat layar laptop. Jika dapat melihat layar desktop di tempat yang terang, berarti ada masalah dengan kecerahan laptop kalian. Masalah ini biasanya disebabkan oleh kerusakan pada penemunya.

Inilah beberapa alasan mengapa latar belakang laptop berwarna hitam. Tentunya setelah mengetahui penyebabnya, pasti kalian ingin tahu cara memperbaikinya. Jangan khawatir kalian akan menemukan solusinya dibawah ini.

Cara Mengatasi Layar Laptop Menjadi Hitam

Masalah seperti ini jangan dianggap sepele, karena ditakutkan jika dibiarkan berlarut akan menjalar ke sistem lainnya sehingga membuat masalah baru terjadi dan tentunya akan membuat tugas kalian bertambah.

Namun, tahukah kalian ternyata baterai laptop yang digunakan lama kelamaan akan berkurang dayanya, untuk itu kalian harus melakukan kalibrasi baterai laptop untuk menjaganya tetap optimal.

Baca Juga :  Cara Melihat Aplikasi yang Berjalan di Laptop Windows 7/ 8/10

Dan untuk mengatasi kenapa background laptop menjadi hitam, inilah yang perlu kalian lakukan:

 A. Melakukan Setting Background

Cara pertama untuk mengetahui mengapa background laptop berwarna hitam adalah dengan mengatur background. Kalian dapat mengetahui cara melakukan ini dalam tutorial singkat berikut:

  1. Klik pada menu start.
  2. Ketik “Pengaturan” di kotak pencarian menu Start.
  3. Buka Pengaturan, buka jendela akses mudah dan pilih opsi lain.
  4. Amati tampilan jendela dan pastikan Show Windows Background aktif atau hidup.
  5. Selanjutnya, pilih tema atau gambar latar belakang yang sesuai dengan kebutuhan kalian. Jika ada pekerjaan yang belum disimpan, silahkan simpan dulu.
  6. Kemudian restart laptop dan wallpaper laptop kalian akan kembali normal dan tidak lagi hitam.

B. Coba Pakai Monitor Lain

Jika metode pertama tidak mengembalikan layar laptop atau komputer kalian, metode ini dapat menemukan solusi mengapa latar belakang laptop berwarna hitam. Jika pengguna PC melihat layar hitam, coba ganti monitor. Karena bisa jadi layar hitam ini juga disebabkan oleh kerusakan monitor.

Selain itu, kalian juga dapat mencoba mengganti kabel koneksi antara monitor dan CPU, karena layar hitam PC kalian mungkin disebabkan oleh kabel yang rusak antara CPU dan monitor.

C. Membawa ke Service Center

Jika laptop atau komputer kalian memiliki layar hitam dan telah mencoba berbagai metode, termasuk yang di atas, tetapi gagal menormalkannya, kalian harus menghubungi pusat layanan terkemuka untuk memperbaiki laptop atau komputer kalian.

Biasanya para profesional yang terbiasa menangani kegagalan perangkat keras dan perangkat lunak sangat berpengalaman dan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang cara menangani hal-hal semacam ini.

Ada baiknya juga komputer atau PC kalian menggunakan UPS dan Stabilizer untuk menghidari kerusakan akibat konsleting listrik dan pemadaman listrik mendadak selain kerusakan hitamnya layar PC atau laptop kalian.

Kesimpulan

Dari artikel diatas, kalian dapat menembukan penyebab kenapa background laptop hitam serta solusinya. Cepat lakukan perbaikan terhadap hal-hal sepele seperti ini karena jika tidak, masalah ini akan menjalar ke sistem lainya dan malah akan menambah kerusakan yang terjadi.

Semoga masalah kalian cepat teratasi dengan adanya artikel ini. Temuka artikel menarik lainya seputar dunia teknologi serta tips & trik yang dapat memudahkan kalian dalam mengerjakan sesuatu hanya di Thegeneralgreene.

Terima kasih.

BangDin Pemula blogger yang ingin mendunia lewat konten yang menarik dan bermanfaat yang berfokus pada teknologi digital.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *