BangDin Pemula blogger yang ingin mendunia lewat konten yang menarik dan bermanfaat yang berfokus pada teknologi digital.

Laptop Tidak Mau Menyala Tanpa Charger

3 min read

Pernahkah Kamu mengalami kejadian laptop tidak mau menyala tanpa charger atau charger harus selalu terhubung dengan laptop untuk menyalakannya? Laptop yang tidak mau hidup tanpa charger sangat umum.

Laptop yang sudah terlalu lama digunakan dapat mengindikasikan kerusakan pada komponen laptop. Jadi kita perlu memeriksa masalah bahwa laptop tiba-tiba mati saat charger dimatikan untuk mencegah laptop menyala tanpa charger.

Terkadang kita mengira bahwa laptop tidak mau menyala terjadi karena baterai laptop mati atau mati. Saat hendak menyalakan laptop, laptop tidak mau hidup dan Kamu pasti akan mengira baterainya sudah mati.

Setelah itu silahkan isi baterai laptop terlebih dahulu. Setelah baterai penuh dan pengisi daya dilepas, laptop langsung mati kembali. Mengapa laptop tidak mau hidup tanpa charger? Langkah pertama adalah memastikan hal-hal berikut ini.

  1. Pastikan proses pengisian sedang berlangsung dan tidak ada peringatan bahwa pengisian pada batrai laptop tidak sedang berlangsung.
  2. Pastikan laptop Kamu berfungsi normal tanpa menabrak atau membuat kesalahan.
  3. Perhatikan bahwa setelah menyalakan dan memasuki Windows, ketika charger dilepas, laptop langsung mati seolah-olah tidak ada baterai atau tidak ada.
  4. Periksa apakah baterai laptop Kamu 100% penuh.
  5. Dan lihat apakah laptop Kamu bisa dihidupkan tanpa charger.

Setelah mengkonfirmasi beberapa hal di atas. Jadi bagaimana cara untuk mengatasi agar laptop tidak menyala tanpa charger? Sebelum melalui langkah-langkah untuk mengatasi laptop yang tidak mau hidup tanpa charger, Kamu harus memeriksa poin-poin berikut.

A. Periksa Apakah Motherboard Bermasalah atau Tidak

Laptop Tidak Bisa Menyala Tanpa Charger

Setelah dilakukan pengecekan baterai dan kondisinya tetap sama, kasus diatas bisa di tutup bahwa bukan baterai laptop tapi motherboard bermasalah yang rusak. Dalam kasus seperti itu, IC laptop rusak. Jika setelah dilakukan pengecekan ada masalah pada IC tersebut, berarti IC tersebut lemah dan perlu diganti.

Pertama-tama, kita harus berpikir bahwa laptop tidak mau hidup tanpa charger karena baterai laptop sudah habis. Tapi apakah itu satu-satunya masalah besar? Sebelum sampai pada kesimpulan itu, ada beberapa penyebab umum mengapa laptop mati setelah di-charge. Penyebabnya adalah sebagai berikut:

1. Masalah driver

Jika kamu melihat indikator baterai dan melihat keterangan tentang baterai, itu bukan jaminan dari kondisi baterai yang sebenarnya. Ada dua cara laptop kamu tidak mau hidup tanpa charger.

Baca Juga :  Setting APN Indosat

Pertama, ada masalah dengan pengontrol di mana pengontrol menampilkan informasi yang salah atau tidak benar terkait persentase baterai. Kedua, baterai laptop kamu tidak bisa menjadi sensor yang akurat.

Jika kamu menemukan masalah dengan driver ini, laptop kamu perlu diperiksa oleh bengkel tepercaya. Masalah laptop tidak mau menyala tanpa charger dianggap terbilang parah. Jadi, kamu harus menjadi profesional untuk mengatasi masalah tersebut.

2. Penggunaan Baterai Berkualitas Buruk

Hal yang sama berlaku untuk baterai smartphone, ponsel, atau perangkat elektronik lainnya. Kualitas baterai terbukti ketika perangkat elektronik digunakan selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun.

Jika setelah berbulan-bulan penggunaan normal baterai laptop segera habis dan mengisi berkali-kali, Kamu dapat yakin bahwa kualitas baterainya buruk. Baterai berkualitas tinggi secara bertahap akan rusak bahkan dengan penggunaan normal. Saat baterai sedang diisi, daya mengalir langsung ke komponen komputer dan tidak mengisi daya itu.

Untuk memperbaiki laptop tidak mudah menyala tanpa charger, Kamu perlu mengganti baterai. Kamu bisa membeli baterai laptop baru yang biasanya dijual di toko komputer. Pastikan untuk tidak membeli baterai kedua, karena kualitas baterai kedua tidak akan sebagus yang lama.

3. Kerusakan pada IC Dalam charger

Laptop tidak bisa dihidupkan tanpa charger mungkin disebabkan oleh IC charger. Jika pengisi daya IC ini rusak, ini akan berdampak signifikan pada baterai, mis. Misalnya B. baterai tidak diisi meskipun sudah diisi. Ini juga akan merusak baterai. Untuk mengatasi masalah ini, kamu harus membawa laptop kamu ke lokasi servis yang dapat diandalkan.

4. Masa Pakai Baterai Yang Telah Berkurang

Baterai juga memiliki umur simpan atau umur simpan. Laptop yang sering digunakan menurunkan produktivitas laptop. Baterai laptop mengalami hal yang sama ketika masa pakai baterai lama dan cepat rusak.

Namun, jika laptop kamu menggunakan baterai berkualitas baik, masa pakai baterai akan bertahan lebih lama daripada baterai berkualitas buruk. Baterai yang telah melebihi nilai batas tidak dapat lagi menerima energi listrik.

Inilah salah satu alasan mengapa laptop tidak mau hidup tanpa charger. Oleh karena itu kualitas baterai sangat penting untuk perawatan dan perawatan terutama untuk laptop dan perangkat elektronik lainnya.

B. Periksa Pengisi Daya Laptop (Charger)

Laptop Tidak Bisa Menyala Tanpa Charger

Cara pertama laptop tidak mau hidup tanpa charger adalah dengan terlebih dahulu mengetahui apakah lampu indikator laptop dalam keadaan silent, blinking, atau mati jika kita ingin mencari tahu kenapa laptop tidak mau hidup tanpa charger.

Baca Juga :  Perusahaan Logistik Indonesia Terbaik yang Perlu Kalian Ketahui

Pengisi daya laptop yang tidak sesuai biasanya ditunjukkan dengan lampu indikator yang berkedip. Jika charger tidak cocok, gantilah dengan yang baru.

C. Periksa baterai laptop

Langkah selanjutnya untuk mencegah laptop kamu menyala tanpa charger adalah memastikan charger laptop kamu dalam kondisi baik. Langkah-langkah yang harus kamu ikuti adalah:

  1. Usahakan untuk mengisi baterai laptop hingga benar-benar penuh, lalu sambungkan ke laptop lain yang masih dari seri yang sama.
  2. Kemudian periksa apakah laptop lain dapat berjalan dengan baterai laptop kita. Saat memeriksa laptop lain, perhatikan juga persentase baterainya, terlepas dari apakah baterainya cepat habis atau tahan lama.
  3. Jika laptop masih dalam kondisi normal dengan baterai terpasang, ada kemungkinan terjadi ketidakstabilan dan kerusakan komponen pada laptop kita sendiri.
  4. Namun, jika laptop dalam keadaan hidup tetapi baterainya cepat habis, laptop akan mati. Kemudian masalah terjadi dengan baterai laptop kita. Kemampuan daya baterai tidak bisa disimpan lama. Maka harus diganti dengan yang baru.

Baterai Baru Namun Masih Bermasalah

Namun, jika kamu telah menggantinya dengan baterai baru, tetapi kamu memiliki masalah bahwa laptop tidak mau hidup tanpa charger, meskipun sudah 100% terisi atau terisi penuh, ada kemungkinan manajemen daya tidak menyala dan hal ini adalah buruk. Untuk mengatasi masalah tersebut kamu harus melakukan beberapa hal, diantaranya sebagai berikut :

  1. Setel ulang baterai dengan menekan tombol daya selama 5 detik lalu lepaskan.
  2. Jika tidak berhasil, coba isi ulang baterai hingga lampu indikator menunjukkan penuh dengan tidak menutup laptop atau dalam keadaan terbuka tanpa melipatnya.
  3. Setelah itu hidupkan laptop tanpa melepas charger.
  4. Setelah laptop menyala selama beberapa menit, cabut kabel listrik dari stopkontak dan biarkan sampai baterai kosong dan laptop mati secara otomatis.
  5. Kemudian isi ulang laptop hingga baterainya terisi penuh dan laptop kosong tanpa membengkokkan monitor.
  6. Setelah baterai penuh, hidupkan kembali laptop dengan menekan lama tombol daya lalu lepaskan.

Akhir Kata

Ini adalah penjelasan lengkap mengapa laptop tidak mau hidup tanpa charger dan beberapa cara untuk memperbaiki masalah tersebut. Semoga berhasil, semoga bisa membantu.

Temukan artikel menarik lainnya hanya di thegeneralgreene.com.

Terima kasih sudah berkunjung.

Baca Juga :

BangDin Pemula blogger yang ingin mendunia lewat konten yang menarik dan bermanfaat yang berfokus pada teknologi digital.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *