BangDin Pemula blogger yang ingin mendunia lewat konten yang menarik dan bermanfaat yang berfokus pada teknologi digital.

Inilah Penjelasan Tentang Pengertian Hyperlink Beserta Jenisnya

2 min read

Bagi kalian yang sudah sering membuat website, istilah hyperlink atau link sudah tidak asing lagi. Namun, jika tidak berpengalaman atau tidak terbiasa membuat situs web, kalian mungkin kesulitan memahaminya. Yuk simak Inilah Penjelasan Tentang Pengertian Hyperlink Beserta Jenisnya untuk kemudahannya.

Perhatikan bahwa alat penautan yang disebut Hyperlink diperlukan untuk menautkan halaman di situs web. Tautan ini sering digunakan untuk menunjukkan lokasi teks atau objek yang disajikan. Hyperlink juga dapat digunakan untuk menghubungkan berbagai file, dokumen, gambar, dan video ke halaman web.

Tautan yang paling sering digunakan membawa pengguna langsung ke teks. Tautan yang paling umum adalah yang dapat membawa pengunjung langsung ke sebuah gambar.

Selain hyperlink, kalian juga perlu mengetahui apa yang dimaksud dengan hot link. Hot link adalah teks atau link grafik yang aktif di situs web.

Dengan mengklik link ini, pengguna diarahkan ke halaman web, dokumen atau gambar lain. Tautan panas juga ditempatkan di email, pesan yang dapat digunakan pengguna untuk langsung menavigasi ke situs web dan membuka dokumen atau gambar yang dilampirkan.

Pengertian Hyperlink

Secara umum pengertian hyperlink sudah dijelaskan di atas. Ini adalah teks yang dapat mengarah ke tampilan halaman lain. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah uraian lengkap dari tautan ini:

Ketika mengklik hyperlink di suatu situs web, itu berarti secara langsung kalian membuka “World Wide Web atau mungkin tertulis www”, halaman atau dokumen lain yang tertulis di hyperlink.

Link ini akan memudahkan pengunjung dalam menavigasi halaman yang ditampilkan di website. Hyperlink biasanya ditampilkan dalam huruf dengan warna berbeda dan yang paling umum digunakan adalah biru.

Baca Juga :  Kenapa Background Laptop Hitam, Ternyata Ini Penyebabnya

Saat mengarahkan kursor ke hyperlink, sebuah garis muncul di bawah sumber. Kursor berubah bentuk menjadi gambar tangan yang menunjuk ke tautan. Jika sebelumnya kalian mengakses tautan, objek tautan akan berubah warna menjadi ungu.

Mengklik link atau link akan membawa ke halaman lain untuk fitur ini untuk sangat memudahkan membuka data antar file atau dokumen.

Tautan dapat dilampirkan tidak hanya ke teks, tetapi juga ke gambar. Jika mereka mengklik gambar tersebut, pengunjung akan diarahkan ke tampilan berbeda dari konten tautan.

Dari definisi hyperlink di atas, dapat disimpulkan bahwa hyperlink dapat menghubungkan satu halaman ke halaman lain yang masih ada di dalam website. Selain itu, hyperlink dapat menautkan halaman web ke halaman lain di situs web lain.

Oleh karena itu, fungsi hyperlink adalah untuk memudahkan pembaca dalam mencari berbagai informasi pada suatu halaman web. Secara teknis, hyperlink adalah fungsi dalam HTML (hypertext markup language) yang dirancang untuk memudahkan pengunjung situs web dalam menavigasi informasi yang disimpan di situs web yang mereka kunjungi.

Jenis – Jenis dan Pengertian Hyperlink

Sudah tau dong pengertian hyperlink dari penjelasan diatas? Setelah otu kalian wajib banget untuk memahami jenis-jenis hyperlink yang ada.

1. Absolute Address

Alamat absolut adalah jenis hyperlink yang digunakan koneksi Internet untuk membuat tautan URL ke situs tertentu. Pintasan ini berbentuk URL lengkap yang menyertakan protokol, lokasi jaringan, jalur, dan nama file.

Jenis hyperlink ini biasanya digunakan di situs web untuk menautkan satu halaman ke halaman lainnya. Agar pengunjung tidak berhenti di satu halaman. Tautan ini juga dapat mengarah ke situs web lain.

2. Relative address

Alamat relatif hyperlink hampir sesuai dengan alamat absolut baik dalam implementasi maupun fungsinya. Kesamaan properti, termasuk URL yang disebutkan, adalah alamat relatif. Alamat ini hanyalah sebuah jalur dan nama file, tidak menyebutkan protokol atau lokasi jaringan.

Baca Juga :  Mengatasi Internet Indihome Lemot dan Sinyal Patah-Patah

3. Link Section

Link bagian membuat link ke area bagian tertentu dari artikel atau dokumen. Bagian tautan juga dapat digunakan untuk membuat kamus dengan menautkan istilah asing dalam artikel ke file yang menjelaskan istilah tersebut.

Harap diperhatikan bahwa fitur hyperlink ini tersedia di Microsoft Word, Excel, dan Microsoft Power Point.

Cara membuat hyperlink ke lokasi di situs web

Jadi bagaimana hyperlink ini dibuat? Berikut penjelasan berdasarkan para ahli.

  1. Pilih teks atau gambar yang ingin kalian tampilkan sebagai link link.
  2. Pada tombol Sisipkan, klik Hyperlink. kalian juga dapat mengklik di sebelah kanan teks atau gambar, lalu mengklik Hyperlink di menu konteks.
  3. Masukkan link di kolom Sisipkan Hyperlink atau salin ke kolom alamat.

Berikut cara menggunakan Microsoft Word untuk membuat hyperlink di dokumen.

Tambahkan link:

  1. Pilih teks atau objek yang ingin kalian gunakan sebagai link.
  2. Klik kanan, lalu klik bagian Hyperlink.
  3. Di bawah Tautkan ke, klik Tempatkan dalam dokumen ini.
  4. Dari daftar, pilih judul atau penanda yang ingin kalian tautkan.

Kesimpulan Pengertian Hyperlink

Berikut penjelasan singkat tentang apa itu hyperlink dan tipenya. Setelah mengetahui maksud dan tujuan pembuatan hyperlink ini, kalian dapat dengan mudah memahami dan menggunakannya jika diperlukan. Saya harap kalian merasa berguna.

Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kalian semua, jika ada tips dan saran kalian bisa mengisi dikolom komentar dibawah.

Terima kasih telah berkunjung Greene.

Baca Juga :

BangDin Pemula blogger yang ingin mendunia lewat konten yang menarik dan bermanfaat yang berfokus pada teknologi digital.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *