BangDin Pemula blogger yang ingin mendunia lewat konten yang menarik dan bermanfaat yang berfokus pada teknologi digital.

Memperbaiki Speaker Handphone Yang Terkena Air

2 min read

Hp kalian kemasukan air ? Mau tau cara memperbaiki speaker handphone terkena air? Mari simak ulasan di bawah ini sampai akhir untuk mengetahui cara menyelesaikan masalah kalian.

Hampir semua perangkat elektronik rentan terkena air. Salah satunya adalah smartphone yang mudah rusak jika terkena air. Saat ini sudah ada handphone yang dilengkapi dengan fungsi anti air atau waterproof. Akan tetapi, sangat sedikit perangkat gadget di Indonesia yang dilengkapi dengan fungsi tersebut.

Dalam beberapa kasus, ponsel yang terkena air langsung rusak. Namun dalam beberapa kasus ada juga yang menunjukkan kerusakan ringan yang masih bisa diperbaiki. Ini biasanya terjadi pada ponsel yang terkena sedikit air, baik dalam bentuk cipratan air maupun dalam sedikit air.

Salah satu jenis kerusakan yang paling umum terjadi saat smartphone terkena air adalah speaker. Ada beberapa kasus di mana ponsel masuk ke air tetapi pengeras suara masih berfungsi. Namun umumnya nada yang dihasilkan tidak terdengar maksimal, seperti berderak, kecil, retak, melengking B.

Hal itu tentu membuat kita kesal saat ingin mendengarkan musik dengan nyaman dan nyaman. Buat kamu yang speakernya bermasalah karena terendam air, ada solusinya! Caranya tentu sangat simpel, Anda pasti bisa melakukannya. Area informasi berikut menjelaskan cara memperbaiki speaker handphone terkena air.

Cara Memperbaiki Speaker HP Kemasukan Air

1. Rendam Dalam Beras

Speaker HP Kemasukan Air

Sebagai permulaan, tips merendam ponsel di dalam beras sangat ampuh dalam mengatasi speaker ponsel yang mati. Biasanya saat Anda mendengar ini untuk pertama kali, ia akan menanyakan apakah metode ini aman. Tentu cara ini sangat aman karena nasi itu padat, bukan cair, sehingga tidak bisa masuk ke speaker.

Baca Juga :  Ukuran Foto 4R Dalam CM, MM, Inci Dan Pixel

Yang harus Anda lakukan adalah menyediakan tempat yang memiliki cukup beras dan kemudian meletakkan perangkat Anda di atasnya. Tunggu 3 hingga 5 jam atau hingga mengering. Jika menurut Anda terlalu kering, hidupkan ponsel dan uji pengeras suara dengan memutar judulnya dengan lantang.

2. Bersihkan Speaker Menggunakan Peniti

Speaker HP Kemasukan Air

Selain digunakan untuk menyambungkan kain dan kertas, peniti memiliki banyak kegunaan. Salah satunya adalah dapat digunakan untuk menjernihkan air di speaker Anda. Untuk melakukan ini, masukkan pin ke dalam lubang speaker smartphone. Selain itu, metode ini dapat digunakan untuk menghilangkan debu dari bola sepak yang telah mengendap di speaker.

3. Keringkan HP Dengan Kipas Angin

Speaker HP Kemasukan Air

Nah inilah solusi bagi anda yang belum memiliki pengering rambut. Meskipun tidak secepat pengering rambut, kipas masih merupakan cara yang bagus untuk mengeringkan speaker HP Anda yang terbuka. Kipas yang mengeringkan ponsel adalah hal yang umum dilakukan saat ponsel disiram air.

Tidak hanya menjaga tubuh atau ruangan tetap sejuk, tapi juga bisa digunakan untuk mengalahkan ponsel Sember. Yang harus Anda lakukan adalah mengarahkan angin yang dihasilkan oleh kipas angin ke arah ponsel. Tunggu 1 hingga 2 jam atau hingga benar-benar kering.

4. Menjemur HP

Speaker HP Kemasukan Air

Tip pertama untuk menangani speaker HP yang direkam adalah mengeringkan ponsel. Usahakan menjemur di bawah sinar matahari dengan suhu yang cukup tinggi, tapi jangan sampai terkena sinar matahari langsung. Jika ponsel Anda sudah masuk kembali ke dalam kotak dan baterainya bisa dibuka, silakan buka dulu sebelum mengeringkannya.

Salah satu cara paling efektif untuk menangani speaker HP yang terkena air adalah dengan mengeringkannya. Ini karena air di dalam atau di luar speaker menguap dan speaker kembali mengering.

5. Keringkan Smartphone Dengan Hairdryer

Speaker HP Kemasukan Air

Alat ini bisa mengeluarkan angin panas yang bisa Anda gunakan untuk mengeringkan speaker berisi air. Untuk melakukan ini, arahkan pengering rambut ke speaker selama beberapa detik lalu dinginkan. Anda akan mengulangi metode ini berulang kali hingga air di speaker benar-benar kering.

Baca Juga :  Membuka HP Vivo yang Lupa Sandi Atau Terkunci

Jangan lupa untuk mengatur suhu yang akan dikeluarkan oleh pengering rambut. Setel ke suhu terendah atau terendah. Tujuannya agar ponsel tidak terlalu panas, yang bisa membuat ponsel baru bermasalah.

6. Service Center / Counter Terdekat

Jika speaker ponsel Anda masih belum berfungsi dengan baik, Anda dapat membawa ponsel ke service center HP terdekat agar speaker ponsel rusak akibat terkena air baru-baru ini diperbaiki. Jika demikian, beberapa komponen speaker mungkin perlu diganti.

Ingatlah untuk menyimpan layanan ponsel di tempat resmi atau terpercaya. Dengan cara ini ponsel Anda akan ditangani oleh ahlinya dan akan sangat cepat alih-alih memperparah kerusakan ponsel. Harga layanan HP sangat bervariasi, mulai dari 100.000 hingga 500.000 atau lebih. Itu semua tergantung seberapa rusak speaker ponsel Anda dan jenis smartphone yang Anda gunakan.

Kesimpulan

Nah, itulah tips cara memperbaiki speaker HP yang kena air. Sangat mudah bukan? Cara yang dijelaskan di atas dapat dilakukan untuk semua jenis ponsel, baik Android (Xiaomi, Oppo, Vivo, Samsung, Realme, dll.) Maupun iOS (iPhone).

Saran dari kami mohon berhati-hati saat menggunakan handphone. Apalagi di daerah yang banyak airnya seperti kolam ikan, bak cuci, dll. Hindari juga menggunakan ponsel di kamar mandi, karena dalam beberapa kasus banyak ponsel Anda akan jatuh ke toilet yang menyebabkan gangguan pada speaker ponsel. Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga dapat membantu.

Temuka artikel menarik lainnya hanya di Thegeneralgrenee.com.

Baca artikel lainnya :

BangDin Pemula blogger yang ingin mendunia lewat konten yang menarik dan bermanfaat yang berfokus pada teknologi digital.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *